2015 Sepuluh Acara Terbesar dan Paling Berkesan

[ad_1]

13 NOVEMBER di Paris adalah momen sejarah, seperti London 2005 dan 11 September adalah untuk Amerika Serikat. 2015 telah dipenuhi dengan peristiwa terorisme. Sebenarnya lebih sulit dari biasanya menempatkan daftar ini bersama-sama, karena dominasi terorisme sepanjang tahun. Setelah menyusun Top 10 dari sejenisnya setiap tahun sejak tahun 2009, terlihat betapa signifikannya terorisme tahun ini dalam pemeran 10 Besar ini.

NUMBER TEN – SERANGAN NIGERIA OLEH BOKO HARAM

Pada tanggal 3-7 Januari, dalam serangkaian pembantaian di Baga, Nigeria, dan desa-desa sekitarnya, organisasi teroris Boko Haram membunuh lebih dari 2.000 orang. Setidaknya enam belas kota hancur dan lebih dari 35.000 orang mengungsi.

NOMOR SEMBILAN – GERMANWINGS MENYERANGKAN CRASHES KE ALPS PERANCIS

Pada 24 Maret, Penerbangan 9525, pesawat Airbus A320-211 yang dioperasikan oleh kapal induk bermuatan rendah Germanwings jatuh di Pegunungan Alpen Prancis, menewaskan 150 orang di dalamnya. Co-pilot ditemukan bertanggung jawab atas kecelakaan, setelah mengunci pilot keluar dari kokpit. Puluhan praktisi medis telah meninjau kesehatan mental co-pilot karena telah memicu ulasan yang tidak stabil ke dalam kebijakan penerbangan untuk penilaian kesehatan untuk pilot komersial. Otoritas penerbangan beberapa negara menerapkan perubahan kebijakan segera yang membutuhkan dua personel yang berwenang untuk tetap berada di kokpit setiap saat selama penerbangan.

NOMOR DELAPAN – BAGIAN DITEMUKAN DARI MH370 BOEING 777

Pada tanggal 5 Agustus, puing-puing dari penerbangan Malaysia Airlines yang bernasib buruk 370 tersapu di Pulau Reunion. Flaperon sayap kanan diverifikasi sebagai milik Boeing 777. Penemuannya mengakhiri spekulasi hampir delapan belas bulan dan memberi harapan kepada orang-orang tercinta dari 239 yang tewas dalam penerbangan itu.

NUMBER TUJUH – NEPAL GEMPA BUMI

Pada 25 April, gempa Magnitude 7,8 menyerang Nepal, menyebabkan 8.857 kematian di Nepal, 130 di India, 27 di Cina, dan 4 di Bangladesh; total 9.018 kematian. Ada gempa berikutnya pada 12 Mei yang mempengaruhi area yang sama. Ini mencatat 7,3 pada Skala Richter dan 218 jiwa lebih lanjut kehilangan nyawa mereka.

NOMOR ENAM – AIR PADA MARS

Pada tanggal 28 September, NASA menegaskan bahwa air cair telah ditemukan di planet Mars, tetapi masih ada banyak pertanyaan mengenai kelayakan planet ini, terutama mengenai atmosfernya.

NOMOR LIMA – KRISIS PERUBAHAN IKLIM

Pada 30 November 2015, Konferensi Kontrol Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP 21) dimulai, dan ini menjadi yang pertama di mana para pemain utama melakukan perubahan iklim cukup serius untuk berinovasi untuk bertindak; perjanjian hukum yang mengikat secara universal, dalam upaya untuk menjaga pemanasan global di bawah 2o Celcius pada tahun 2100.

NOMOR EMPAT – PEMILIHAN DAN PENYESUAIAN SEX MARRIAGE

Pada 23 Mei, Irlandia memilih untuk melegalkan pernikahan sesama jenis, menjadi negara pertama yang melegalkan pernikahan sesama jenis dengan suara populer. Dan pada tanggal 26 Juni, Mahkamah Agung Amerika Serikat (SCOTUS) memutuskan mendukung pernikahan sesama jenis. Konsekuensi itu memecah banyak negara dunia Barat dengan jutaan orang bersemangat di kedua sisi perdebatan.

NOMOR TIGA – PEMBENTUKAN PENERBANGAN UDARA RUSIA

Pada tanggal 31 Oktober, Penerbangan Metrojet KGL 9268, sebuah Airbus A321 dalam perjalanan ke Saint Petersburg memecah udara di atas Mesir. Kemudian ditemukan bahwa Negara Islam Irak dan Levant (teroris ISIL) * telah meledakkan bom satu kilogram. 224 orang tewas, 217 di antaranya penumpang, dan tujuh awak.

NOMOR DUA – GUN DEBAT DI AS

Pada 2 Desember, penembakan San Bernardino membawa perdebatan senjata ke demam di Amerika Serikat. Kemudian acara ini ditemukan menjadi aksi terorisme dengan tautan ke radikalisasi.

NOMOR SATU – SERANGAN PARIS

Pada 13 November, beberapa serangan simultan dilakukan di Paris. Organisasi teroris Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) * mengaku bertanggung jawab, dan kelompok insiden tersebut menyebabkan sekitar 132 korban jiwa. Meskipun ada peristiwa penting penting dunia lainnya pada hari itu (gempa bumi di Jepang, pengeboman Beirut, pemboman di Baghdad, dll) serangan Paris mewakili skala perencanaan yang mirip dengan serangan 9/11/2001 di Amerika Serikat.

***

Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, 2015 harus diklasifikasikan sebagai tahun yang didominasi oleh jumlah yang lebih tinggi dari rata-rata peristiwa teroris yang sangat berkesan.

* Perlu dikatakan bahwa ISIL tidak mewakili sebagian besar orang dari agama Muslim.

© 2015 S. J. Wickham.

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *